.

Tuesday, December 28, 2010

Tirta Sanita Ciseeng (Parung Bogor)

Pada kesempatan ini, penulis mencoba menelusuri tempat wisata yang bernama Tirta Sanita di sekitar perbatasan Tangerang – Bogor, tepatnya di daerah Ciseeng. Untuk menuju tempat ini, kita menuju ke arah BSD Tangerang, lalu dari BSD Junction, ambil arah lurus, terus saja melewati kompleks The Green lalu mengikuti petunjuk jalan ke Puspitek. Di perempatan pasar Prungpung, ambil jalan yang lurus, nanti lokasi wisata ini terdapat di sebelah kiri jalan. Kira2 jaraknya sekitar 22 km dari exit tol Serpong. Sebelum memasuki kawasan ini Anda akan diminta untuk membayar sebesar Rp 1.000 / kendaraan untuk sumbangan lingkungan setempat.


Tempat ini menawarkan pemandian air panas alami yang berasal dari gunung kapur Ciseeng. Air panas tersebut dapat menyembuhkan penyakit kulit, tulang dan lain sebagainya, bahkan sudah diuji oleh TEMAC Thai Engineering Materials Analysis C. Ltd. Tiket masuk ke lokasi sebesar Rp 6.000 untuk dewasa dan Rp 3.500 untuk anak2. Di dalamnya terdapat kolam renang anak2 dengan membayar Rp 3.000 / orang. Kolam tersebut ukurannya kecil dan saat itu cukup padat oleh pengunjung. Lalu ada lagi pemandian untuk dewasa, sebesar Rp 6.000 per orang untuk kamar biasa (ukuran 2×2 m) atau Rp 10.000 per orang untuk kamar VIP (ukuran 4x4m). Tapi saat itu pun tempat pemandian ini Full.. bahkan antrian masih panjang, sehingga kami tidak mencobanya.


Selain pemandian air panas, di Tirta Sanita juga terdapat taman, bukit kapur, area outbound dan juga beberapa permainan anak. Memang kawasannya tidak terlalu luas, tapi lumayan untuk beristirahat sejenak. Jika kita menaiki bukit kapur, maka dari atas kita dapat melihat pemandangan yang cukup indah. Hamparan sawah dan pepohonan membuat suasana hati menjadi sejuk, walaupun cuaca di lokasi cukup panas. Hati2 dalam menaiki bukit kapur ini, karena beberapa anak tangga sudah rusak.

Jangan takut akan kelaparan atau kehausan, karena banyak sekali penjual makanan & minuman di dalam kawasan ini. Bahkan begitu Anda duduk, langung ditawarkan kelapa muda juga makanan lainnya. Berhubung cuaca yang cukup panas, minum sebutir kelapa muda menyegarkan tenggorokan yang kering. Harganya pun cukup murah, hanya Rp 5.000. Disana juga terdapat sebuah panggung hiburan, yang saat itu menampilkan musik live yaitu dangdut .

Di sana juga terdapat area outbound, yang berupa flying fox, meniti tali seharga Rp 25.000 / orang. Flying foxnya cukup tinggi lho. Juga terdapat arena mainan anak2 yang berupa mobil/motor yang menggunakan batterai dengan harga Rp 5.000, dan motor kecil yang menggunakan bensin dengan harga Rp 7.000 masing2 selama 15 menit.

Ada juga restoran yang menyajikan makanan dengan harga cukup terjangkau. Rasanya pun lumayan enak, restoran ini terletak di tengah danau. Tidak jauh dari restoran terdapat sebuah bangunan,yang ternyata penginapan. Penginapannya sederhana, tapi tiap kamar dilengkapi AC. Tarifnya Rp 135.000 untuk yg kamar mandi di luar, dan Rp 165.000 untuk kamar mandi di dalam. Juga tersedia untuk istirahat saja (per 6 jam). Waktu kami iseng menanyakan, ternyata kamarnya penuh semua lho.

Memang tidak terlalu mengagumkan, tapi cukup menjadi alternatif untuk berwisata hemat bersama keluarga. Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih detail, dapat menghubungi langsung di (0251)-542551, 542550


No comments:

Post a Comment